Share/Bookmark

Blender 3D Open Source Software

No comment yet
Blender adalah Software Pemodelan 3D yang Open Source . Software ini sejenis dengan software 3D lainnya seperti 3DsMAx, Maya, Google Sketch dll.

Kelebihan Blender

Spoiler for blender:


Multi Platform
Quote:
Dapat digunakan di beberapa OS seperti Windows, Linux, dan MAc OS




Powerful
Quote:Pernah di gunakan di Film Layar Lebar "Spiderman-2"
Quote:"As an animatic artist working in the storyboard department of Spider-Man 2, I used Blender's 3D modeling and character animation tools to enhance the storyboards, re-creating sets and props, and putting into motion action and camera moves in 3D space to help make Sam Raimi's vision as clear to other departments as possible."[20] - Anthony Zierhut, Animatic Artist, Los Angeles
sumber : Wikipedia


Multifungsi
Quote: Bisa untuk modelling, animasi, edit video, bikin game, presentasi dd

Gratis/Free

Quote:Blender dapat di download di situs reminya di http://blender.org atau bisa download hasil kompile-an orang yang di optimasikan untuk processoor tertentu dihttp://www.graphicall.org/

Dokumentasi Lengkap

Quote:Dokumentasi dapat di lihat di situs resmi blender di http://blender.org

Banyak Forum yang mendukung
Quote:forum terbesar Blender ada http://blenderartist.org.
Ada juga dari Indonesia di blenderindonesia.org






Spoiler for sejarah blender:
Quote:
Pada tahun 1988, Ton Roosendaal mendirikan studio animasi NeoGeo Belanda. Studio ini segera menjadi terbesar 3D animasi rumah di Belanda. Dalam NeoGeo, Ton bertanggung jawab untuk kedua arah seni dan internal pengembangan perangkat lunak. Setelah musyawarah diputuskan hati-hati bahwa saat ini di-rumah 3D toolset perlu ditulis ulang dari awal. Pada tahun 1995 ini mulai menulis ulang dan ditakdirkan untuk menjadi perangkat lunak 3D kita semua sekarang tahu sebagai Blender.

Pada tahun 1998, Ton mendirikan sebuah perusahaan baru yang disebut Not a Number (NaN), pada pasar lebih lanjut dan pengembangan Blender. model bisnis NaN terlibat menyediakan produk-produk komersial dan jasa sekitar Blender. Pada tahun 2000 perusahaan pembiayaan pertumbuhan dijamin dengan beberapa perusahaan investasi. Target adalah untuk menciptakan alat penciptaan gratis untuk 3D interaktif (on-line) konten, dan versi komersial dari perangkat lunak untuk distribusi dan penerbitan.

Sayangnya, karena penjualan mengecewakan dan iklim ekonomi yang sedang berlangsung sulit, para investor NaN memutuskan untuk menutup semua operasi awal tahun 2002.

Antusias dukungan dari masyarakat pengguna dan pelanggan tidak bisa meninggalkan Blender. Sejak memulai kembali perusahaan dengan tim pengembang yang cukup besar tidak layak, Mei 2002 Ton Roosendaal memulai nirlaba Yayasan Blender.

Tujuan pertama Yayasan Blender adalah untuk menemukan cara untuk terus mengembangkan dan mempromosikan Blender sebagai sebuah komunitas berbasis proyek open source. Pada bulan Juli 2002, Ton berhasil mendapatkan investor NaN untuk menyetujui rencana Yayasan Blender unik untuk mencoba open source Blender. The "Free Blender" kampanye berusaha mengumpulkan dana EUR 100.000, sebagai biaya , sehingga investor NaN akan setuju pada Blender menjadi open source. Ini merupakan kejutan bagi semua orang dan hasil kampanye mencapai USD 100.000 hanya dalam tujuh minggu . Pada hari Minggu 13 Oktober 2002, Blender diluncurkan ke dunia di bawah GNU General Public License. Blender pembangunan dilanjutan sejak hari itu didorong oleh tim relawan berdedikasi tersebar dari seluruh dunia yang dipimpin oleh pencipta asli Blender's, Ton Roosendaal.

Dengan Blender berasal sebagai alat penciptaan di-rumah, umpan balik sehari-hari dan interaksi dari kedua pengembang dan penggunakan perangkat lunak adalah salah satu fitur yang paling menonjol. Dalam 2,5 tahun pertama pembangunan open source, terutama ini keunikan Blender yang telah terbukti sulit untuk mengatur dan menjaga.
Alih-alih mendapatkan dana untuk membawa bersama pengembang perangkat lunak, Yayasan Blender memutuskan untuk memulai sebuah proyek untuk membawa bersama-sama para seniman paling terkemuka di komunitas Blender dan tantangan mereka untuk membuat animasi 3D film pendek yang menarik.

Ini adalah bagaimana "Proyek Orange" dimulai pada tahun 2005, yang mengakibatkan pertama dan diakui secara luas Movie Buka di dunia "Elephant Dream". Tidak hanya adalah sepenuhnya dibuat dengan menggunakan alat Open Source, akhir-hasil dan semua aset seperti yang digunakan dalam studio diterbitkan di bawah lisensi terbuka, Creative Commons Atribut.

Karena kesuksesan luar biasa dari proyek film pertama kali membuka, Ton Roosendaal, mendirikan "Blender Institute" di musim panas 2007. Sekarang ini kantor permanen dan studio untuk lebih efisien mengatur tujuan Yayasan Blender, tetapi terutama untuk mengkoordinasikan dan memfasilitasi Open Project yang berhubungan dengan 3D film, permainan atau efek visual.
Pada bulan April 2008 Proyek Peach, film terbuka "Big Buck Bunny", telah selesai di Institut Blender. Pada bulan September 2008, game terbuka "YoFrankie!" dirilis.

Juli 2009, Ton mendapat penghargaan Doktor Kehormatan Teknologi oleh Leeds Metropolitan University, untuk kontribusi luar biasa untuk teknologi kreatif.

Sumber disini




Fungsi Blender + Gambar

Nih saya sertain juga link website untuk belajar Blender...





  • Blenderunderground.com
  • walker
  • blendercookie
  • blenderartist
  • Posting Komentar

    HOME | ABOUT

    Copyright © 2011 Just Share | Powered by BLOGGER | Template by DIEDONK